Senin, 02 Maret 2015

Pengertian dan Macam-macam Software

Sebenarnya banyak sumber blog maupun web yang membahas pengertian software. Tapi kebanyakan isinya hampir sama semua. Hal itu membuat Komputer58 terinspirasi untuk menyimpulkan "Pengertian dan Macam-macam Software" dari beberapa sumber yang ada. Yuk langsung wae !!!

Software, yaitu perangkat
lunak yang bertugas mengoperasikan, mengontrol, menjalankan, mengendalikan dan sekaligus mendukung seluruh sistem komputer. Software ini tidak dapat terlihat oleh mata, dan tidak dapat disentuh, tetapi software bisa mengoperasikan jalannya sistem komputer, dan dapat mendukung kinerja dari hardware sendiri.

Ada beberapa macam-macam perangkat lunak yang perlu anda ketahui, antara lain :
  1. Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software), contoh pengolah gambar (photoshop, coreldraw, dsb), perkantoran (Ms.Office, dsb), pemutar musik (Winamp, dsb), pembuatan web (dreamweaver, joomla, dsb)...
  2. Sistem Operasi (Operating System), seperti Windows,  Linux, dsb.
  3. Perangkat Lunak Pengendali (Device Driver), yaitu perangkat lunak (software) yang mengendalikan perangkat keras (hardware) supaya hardware tersebut dapat berjalan dengan baik, dan sistem komputer dapat berjalan dengan optimal.
  4. Perangkat Lunak Gratis (Freeware), perangkat lunak yang didapatkan / didownload secara gratis dari situs-situs tertentu.
  5. Perangkat Lunak Terbuka (Open Source), perangkat lunak yang dapat dimodifikasi dalam arti setiap orang boleh menambahkan sesuatu dari software tersebut.
  6. Perangkat Lunak Uji Coba (Trial Software), perangkat lunak yang dibuat hanya untuk uji coba dalam arti software tersebut bisa kaduluarsa sesuai waktu yang telah ditentukan.
  7. Perangkat Lunak Perusak (Malware), Perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk merusak sistem komputer, dapat berupa virus, spyware, trojan, rootkit, dll.
Ya mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai pengertian seputar software. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembacanya. Kurang lebihnya mohon maaf.


=Bye=




Tidak ada komentar:

Posting Komentar