Minggu, 25 Januari 2015

Model Jaringan Client-Server (Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahan)



Hari ini adalah waktu yang tepat untuk berbagi ilmu kepada kalian. Sebelumya Komputer58 telah membahas mengenai "Model Jaringan Peer to Peer", dan pada kesempatan kali ini komputer58 akan membahas mengenai Model Jaringan Client-Server. Apa pengertian jaringan client-server, kelebihan, dan kelemahan?Semua hal ini akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Yuk kita mulai!!!

Model jaringan client-server adalah model
jaringan komputer yang dibentuk khusus
untuk dijadikan server. Model jaringan ini terdiri dari dua bagian, yaitu klien dan server. Klien merupakan komputer yang melakukan permintaan sumber daya terhadap server. Sedangkan server merupakan komputer yang menyediakan layanan untuk klien (layanan tersebut dapat berupa sumber daya, data-data, program aplikasi, dan informasi). Jadi seluruh aplikasi yang dimiliki klien tergantung pada server. Klien hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi dengan server.  Adapun kelebihan dan kekurangan jaringan client-server, antara lain:

Kelebihan :

  • Kecepatan aksesnya lebih tinggi.
  • Backup data langsung dari server. Dengan hal ini data-data tersebut lebih aman, tanpa takut kehilangan, dan kerusakan pada data. Jika klien sewaktu-waktu butuh data tersebut, klient bisa meminta data tersebut dari server.
  • Keamanan lebih terjamin, karena administrator mengatur setiap layanan untuk komputer lain.


Kelemahan :
  • Biaya lebih mahal, karena untuk membangun jaringan ini harus membutuhkan kabel, switch, dan untuk server harus memiki memory yang besar untuk menyimpan data-data.
  • Tergantung oleh server. Artinya jika server bermasalah, otomatis klien tidak bisa berjalan dengan lancar.
  • Harus memiliki administrator yang handal untuk mengoperasikan jaringan ini.

Sekian dulu ya postingan dari saya. Semoga apa yang kalian baca dari blog ini bisa bermanfaat bagi pembacanya. Bila ada kesalahan kata, mohon dimaafkan. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar